Home

Indonesia memang negara kepulauan yang dikelilingi oleh Laut, sehingga idealnya sebagaimana nenek moyang bangsa ini yang juga pelaut, maka jalur / infrastruktur kelautan harusnya lebih dikembangkan.
Namun fakta 50 tahun terakhir sungguh berbeda, Sejak 1970an dimana dominasi Automotif merajai jalan raya, maka suka atau tidak kendaraan darat saat ini merupakan moda favorit baik dari sudut pandang pribadi maupun komersil juga niaga.

Kita sudah terlambat untuk membangun lintasan kereta, MRT, ataupun tol laut. Lagipula industri automotif merupakan penyumbang ekonomi terbesar negara ini, mulai dari sektor penjualan, pabrik, aksesoris, dan service.

Daripada kita mengikuti negara lain yang sudah terlanjur maju, lebih baik kita membangun karakter negara yang berbasis transportasi darat.

Kembangkan konsep transportasi darat yang efisien, hijau, rapi, dan juga massive. Lebih baik kita canangkan saja bahwa transportasi darat terutama trucking sebagai keunggulan bersaing Indonesia dibandingkan negara lain. Sehingga pengembangan yang dilakukan lebih dari sisi:

  • Infrastruktur
  • Pengelolaan lalu lintas

Bagaimanapun diperlukan waktu lama untuk melakukan konversi transportasi darat menjadi laut maupun rel, selalu ada biaya tambahan sehingga ujungnya menjadi lebih mahal.

Misalnya saja jalur Kereta, pada akhirnya tetap dibutuhkan transportasi dari gudang pengirim ke Gudang Stasiun Kereta. Ketika tiba di tujuan tetap diperlukan transportasi dari Stasiun ke Door gudang tujuan.

Laut pun demikian, Mungkin truk hemat dari sisi konsumsi BBM, tapi ada ongkos transportasi laut. Biaya makan di kapal mungkin jauh lebih mahal. Dan para pengemudi mungkin saja bosan untuk menunggu selama perjalanan di kapal.

Akhirnya, lebih baik kita kembangkan jalur tol, jalan raya untuk mendukung truk sebagai moda transportasi logistik utama yang efisien dan juga canggih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s