Home

Berapa distribution fee yang berlaku saat ini, tentunya berbeda tergantung kepada:
1. Jenis Produk
2. Peran Distribusi terhadap produk tersebut
3. Nilai produk
4. Volume produk
5. Jangkauan yang diharapkan
6. dsb…

Dari sisi Principal (pemilik Produk), tentunya mengharapkan distribution fee serendah mungkin, sementara dari sisi Distribusi mengharapkan fee yang sebesar mungkin.

Dengan kondisi persaingan saat ini:
1. Logistic cost yang cenderung meningkat karena faktor : Biaya bahan bakar, Upah tenaga kerja, biaya administrasi
2. Makin banyak pemain / kompetitor
3. Tenaga kerja yang handal
Maka yang menjadi tantangan adalah seberapa rendah biaya operasional yang bisa ditekan sehingga menjadi kompetitif bagi para principal.

Revenue Model

Jika saat ini kebanyakan model bisnis distribusi adalah dengan menggunakan persentase dari revenue, dimana nilai positif dari sisi bisnis kedua belah pihak, yaitu Angka yang variable tergantung kinerja revenue.

Namun demikian, bagi para principal besar model fee tersebut dinilai terlalu menguntungkan distributor jika revenue makin meningkat. Karena dari sisi distribusi biaya operasionalnya belum tentu memiliki rasio peningkatan yang sama seperti halnya peningkatan revenue.

Karena itu ada beberapa alternatif distribution fee model, antara lain:

  1. Gradasi margin fee, misal untuk revenue hingga nilai sekian berlaku X%, untuk rentang revenue berikutnya berlaku 0.9X%, dan seterusnya.
    1. Solusi ini merupakan jalan tengah untuk memberikan batasan maksimum keuntungan yang bisa diperoleh oleh Distributor
  2. Distribution transaction fee, dimana distribution fee bukan berdasarkan persentase dari revenue melainkan dari penetapan biaya per transaksi.
    1. Model ini sedikit tidak menguntungkan bagi Principal yang revenue-nya masih rendah. Sebaliknya akan menguntungkan bagi Principal yang revenue-nya sudah tinggi.
    2. Biaya transaksi bisa berbeda sesuai dengan kategori produk yang ditangani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s