Home

Dalam waktu 1 – 2 tahun kedepan, dengan adanya smartphone, akses informasi, komunikasi, dan transaksi makin mudah, cepat, dan murah. Ketika banyak perusahaan yang bersaing dengan harga murah, maka diperlukan model operasi yang efisien.

Saat ini jika rasio biaya salesman lebih dari 2%, maka perusahaan tersebut tidak lagi kompetitif. Artinya 1 salesman harus mencari omzet lebih dari 300 juta dalam 1 bulan agar efisien. Jika tidak, maka keberadaan salesman anda hanya merupakan beban bagi perusahaan.

Fungsi khusus Salesman

Jangan jadikan salesman sebagai order taker, atau salesman yang datang hanya sekedar untuk mengambil pesanan toko. Salesman harus dioptimalkan untuk fungsi yang lebih agresif:

  1. Menambah jumlah customer baru
  2. Meningkatkan rata-rata pembelian tiap toko
  3. Menambah range produk di tiap toko
  4. Melakukan fungsi relationship
  5. Sebagai market intelligent, mencari tahu informasi persaingan di toko

Channel Orde Taker

Karena salesman tidak lagi melakukan kunjungan terlalu sering, misal yang sebelumnya seminggu bisa 2x, dikurangi menjadi 2 minggu sekali, maka harus ada channel lain untuk menggantikan fungsi order taker, antara lain:

  1. Telesales
  2. Mobile apps
  3. Website

Dengan demikian model operasi distribusi akan menjadi makin efisien dan juga menempatkan sumber daya lebih tepat sasaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s