Home

Sebagai mediaries sudah seharusnya distributor memanfaatkan momentum dimana posisinya sebagai hub antara principal dengan retailer untuk penyediaan informasi selengkap-lengkapnya. Distributor tidak lagi menjadi pasif atau reaktif, melainkan proaktif dalam melihat peluang yang terjadi sepanjang channel distribusi. Keaktifan distribusi sepanjang rantai pasokan tentunya perlu didukung oleh implementasi teknologi yang tepat guna. Karena teknologi bukan sekedar gagah-gagahan, tapi memang secara nyata memberikan kontribusi pada proses operasi yang lebih efisien, sumber informasi yang lengkap sebagai dasar pengambilan keputusan yang strategis.

Bagi perusahaan distribusi dengan skala nasional, pengunaan teknologi tentunya sudah wajib dan bagian tidak terpisahkan dari bisnis. Namun sayangnya penggunaan teknologi ini masih minim digunakan untuk distribusi yang masih berada di tingkat regional atau dengan skala yang lebih kecil lagi.

Potensi Masa Depan

Masa depan akan banyak bertumpu pada teknologi informasi sebagai basis pengambilan keputusan. Sehingga sudah waktunya bagi para pelaku usaha kecil menengah untuk mulai melek teknologi. Lagipula saat ini juga sudah semakin banyak penyedia aplikasi atau bahkan teknologi yang menawarkan solusi tepat guna untuk industri kecil dan menengah.

SDM tidak lagi bisa dihandalkan dalam konteks loyalitas dalam bekerja. Jika anda memiliki SDM yang berkualitas, maka bersiap-siaplah untuk merelakannya pergi. Otomatis diperlukan sistem operasional yang dapat menjaga stabilitas kinerja yang sudah dijalankan dengan baik.

Kapabilitas Teknologi Informasi Organisasi

Pastikan bahwa organisasi anda sudah memiliki kapabilitas IT yang siap bersaing. Setidaknya mampu memberikan beragam informasi strategis yang dapat diakses secara cepat dan lengkap. Nilai investasinya beragam dan sangat tergantung pada jumlah transaksi yang dimiliki. Dan investasi pada teknologi informasi merupakan hal yang layak, selama informasi yang diperoleh dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Pada dasarnya kapabilitas IT dalam organisasi meliputi:

  1. Kemudahan dalam operasional / transaksi.
  2. Kemudahan akses untuk melihat status transaksi.
  3. Kemampuan dalam analisa dan pelaporan.
  4. Kehandalan dalam meminimalkan resiko kerugian.

Menjemput Bola

Jika organisasi sudah siap dalam dukungan IT, bagaimana memaksimalkannya dalam pengembangan bisnis ke depan? Pertama sediakan informasi bagi pihak-pihak yang memiliki kepentingan dalam organisasi. Informasi tidak hanya disediakan, tapi juga perlu adanya edukasi. Karena pembaca informasi memerlukan kreatifitas dalam membaca peluang berdasarkan data yang tersedia. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam “menjemput bola”.

  1. Teknologi harus memiliki sifat yang tidak statis melainkan dinamis.
  2. Kecepatan dan kemudahan, karena waktu adalah peluang yang tidak bisa disia-siakan.
  3. Melakukan edukasi adalah wajib.
  4. Bukan cost center, melainkan memberikan nilai tambah.

Membangun Ikatan Jangka Panjang

Teknologi Informasi suatu organisasi harus layaknya menciptakan “kecanduan” bagi para penggunanya. Sehingga tanpa keberadaannya seolah-olah sulit bagi pengguna untuk mengambil suatu keputusan. Sensasi seperti ini dapat ditularkan kepada Principal maupun Retailer, sehingga anda menjadi distributor yang selalu dibutuhkan.

Tidak ada orang lain yang dapat menyajikan informasi selengkap, secepat, dan sangat sensitif terhadap perubahan yang terjadi di market melainkan organisasi anda sendiri. Informasi merupakan pertarungan di era global, dan memang sudah sewajarnya jika kompetensi organisasi di dalamnya diarahkan kesana.

Implementasi

Jadilah inisiator dalam aliran distribusi, menjadi “driver” dalam dinamika bisnis. Teknologi Informasi yang digunakan yang terpenting adalah tepat guna, bukan yang paling mahal ataupun murah. Investasi adalah untuk kelangsungan bisnis 3 tahun kedepan. Sehingga bisa dipertimbangkan, perlukan pihak-pihak eksternal yang memiliki kepentingan anda investasikan kehandalan Teknologi Informasi yang anda miliki. Dengan sendirinya anda akan memperoleh jaminan stabilitas bisnis jangka panjang yang lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s