Home

 

Strategy Map (BSC) of Distribution

Strategy Map (BSC) of Distribution

 

Dalam industri distribusi gambaran strategy Map di atas mencerminkan situasi perusahaan yang akan kompetitif sekaligus unggul di pasar. Penjabarannya sebagai berikut:

  1. Perusahaan distribusi tentunya mengejar sasaran finansial yaitu keuntungan, yang diperoleh dari selisih pendapatan dan biaya operasional.
  2. Pertumbuhan pendapatan bisa diperoleh melalui kepuasan pelanggan dengan menciptakan persepsi misalnya: Low Cost Reliable Carrier. Positioning ini sebenarnya yang akan dicari oleh perusahaan manapun dan orang manapun.
  3. Nilai tambah dari industri distribusi ini juga terletak pada ketersediaan informasi yang cepat, akurat, dan tentunya informatif.
  4. Agar sasaran finansial serta persepsi di customer bisa tercapai maka diperlukan proses bisnis yang “excellent”, dimana salah satunya adalah jangkauan distribusi yang luas. Faktor jangkauan merupakan daya jual yang kompetitif. Mudah diakses oleh pelanggan dimanapun dan menjangkau kebutuhan distribusinya.
  5. Proses yang kedua adalah penanganan transaksi yang mudah. Bagaimana pelanggan bisa diuntungkan dengan kemudahan transaksi dimanapun, kapanpun untuk memenuhi kecepatan distribusi.
  6. Pelanggan tertentu yang memberikan kontribusi besar memerlukan penanganan spesifik serta strategi layanan yang istimewa, sehingga pelanggan tersebut menjadi tulang punggung bisnis yang sustain.
  7. Efisiensi distribusi dicapai bukan dari minimnya investasi atau menekan biaya operasional sehingga menghasilkan kualitas layanan yang pas-pasan. Efisiensi diperoleh melalui meminimalkan resiko kerugian finansial yang sering muncul akibat kesalahan prosedur dan kompetensi SDM yang tidak memadai. Karena itu diperlukan pengelolaan resiko yang aman untuk menjaga potensi-potensi kerugian yang akan muncul.
  8. Masuk ke dalam fase eksekusi strategi yang “sempurna”, dibutuhkan kompetensi dan kualitas SDM yang memadai. Hal ini bisa diperoleh dengan adanya program pelatihan, pengembangan serta implementasi “knowledge mangement”. Industri ini sangat mengandalkan faktor “manusia”, karenanya investasi dalam hal kompetensi SDM juga tidak bisa setengah hati.
  9. Proses bisnis serta organisasi juga memerlukan sistem informasi yang handal, tidak perlu mahal namun tepat sasaran. Yang terpenting dapat menjawab kebutuhan informasi yang cepat, akurat, analitis untuk membantu proses pengambilan keputusan. Evaluasi kinerja berbasis pada informasi yang real-time, serta memungkinkan adanya sistem warning untuk membantu monitoring kinerja perusahaan.
  10. Perusahaan distribusi juga memerlukan investasi infrastruktur yang memadai, berbasis pada kebutuhan pelanggan serta visi perusahaan. Infrastruktur ini untuk menjamin kualitas layanan yang terdepan secara efektif.

Model ini sangat tepat untuk industri distribusi seperti FMCG, farmasi, software, bahkan telekomunikasi sekalipun.

About these ads

2 thoughts on “Strategy Map (BSC) of Distribution

  1. sy tertarik dengan bahasan strategy map of distribution ini. Sumberny gambar/bagan beserta penjelasan dari mana ya ?? karena ingin sy tampilkan dalam tugas saya. (sudah saya cari via internet belum ketemu) Makasih

  2. Ini merupakan salah satu usulan strategy map untuk perusahaan yang spesifik distribusi. Tinggal dicantumkan saja alamat website ini. tks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s